Kue Benjak Enjak, Kelezatan Khas Lampung
Kue Benjak Enjak, Kelezatan Khas Lampung

Info Lampung – Lampung, provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera, memiliki pesona budaya dan kuliner yang kaya.

Sebagai gerbang antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, Lampung menjadi tempat bermukim bagi banyak transmigran, sehingga masyarakatnya menjadi majemuk dengan keberagaman suku yang bercampur aduk.

Selain kekayaan seni, budaya, dan pariwisata, Lampung juga terkenal dengan industri serta masyarakat aslinya yang gigih dalam melestarikan adat istiadat dan budaya Lampung.

Bagi pendatang atau wisatawan yang datang, salah satu hal yang tak boleh dilewatkan adalah mencicipi kuliner khas Lampung.

Kue Benjak Enjak, sebuah makanan khas Lampung yang terbuat dari campuran beras ketan, pisang, dan gula merah yang dibungkus dengan daun pisang, menjadi salah satu hidangan yang patut dicoba.

Masyarakat Lampung sendiri, terutama di Lampung Pesisir dan Lampung Pepadun, mengenalnya dengan sebutan kue benjak enjak, sedangkan di Kabupaten Lampung Selatan, disebut kue bebai makhing.

Kue tradisional ini telah menjadi bagian penting dari budaya makanan Lampung dan masih sangat populer hingga saat ini.

Di Provinsi Jawa Barat, kue serupa dikenal dengan nama kue wajik. Meskipun memiliki kemiripan dengan kue wajik atau pepes ketan, kue benjak enjak memiliki komposisi yang berbeda.

Kue benjak enjak biasanya disajikan saat menjamu tamu di rumah-rumah di Lampung.

Namun, tidak hanya itu, kue yang terbuat dari pisang dan ketan ini juga cocok disantap dalam acara kumpul keluarga atau momen spesial lainnya.

Proses pembuatan kue benjak enjak juga menarik. Ketan dan pisang diolah dengan hati-hati dan dipadukan dengan gula merah yang memberikan rasa manis yang khas.

Kemudian, campuran tersebut dibungkus dengan daun pisang, memberikan aroma alami yang menggugah selera.

Baca Juga:  5 Tempat Makan Enak di Bandar Lampung

Saat menyantap kue benjak enjak, Anda akan merasakan tekstur kenyal dari ketan yang dipadukan dengan kelembutan pisang.

Rasa manis gula merah yang melimpah akan memanjakan lidah Anda.

Keunikan cita rasa kue ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin merasakan kelezatan kuliner khas Lampung.

Bagi Anda yang ingin menjelajahi kekayaan Lampung lebih dalam, jangan lupa untuk mencoba kue Benjak Enjak ini.

Rasakan sensasi menggigit kelezatan tradisional yang memukau dengan cita rasa uniknya.

Lampung bukan hanya tentang pemandangan alamnya yang memukau, tetapi juga tentang kearifan lokal dan kelezatan kuliner yang tak terlupakan.

Bahan Kue Benjak Enjak dan Cara Membuatnya

Bahan Kue Benjak Enjak dan Cara Membuatnya
Bahan Kue Benjak Enjak dan Cara Membuatnya

Berikut ini adalah resep dan cara membuat kue Benjak Enjak yang lezat dan nikmat.

Kue Benjak Enjak merupakan sejenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari beras ketan, pisang raja yang sudah tua, gula merah, dan dibungkus dengan daun pisang.

Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Anda dapat membuat kue Benjak Enjak sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

  • 250 gram beras ketan
  • 300 gram pisang raja yang sudah tua
  • 100 gram gula merah
  • Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, rendam beras ketan dalam air bersih selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu, tiriskan beras ketan dari air rendaman.
  2. Selanjutnya, kukus beras ketan yang telah ditiriskan selama sekitar 30 menit hingga matang. Angkat dan biarkan dingin.
  3. Sambil menunggu beras ketan dingin, siapkan pisang raja yang sudah tua. Kupas pisang dan haluskan menggunakan garpu atau blender hingga berbentuk pasta.
  4. Setelah itu, tambahkan gula merah ke dalam pisang yang telah dihaluskan. Aduk rata hingga gula merah larut sempurna dalam adonan pisang.
  5. Campurkan adonan pisang yang telah dicampur dengan gula merah ke dalam beras ketan yang telah dingin. Aduk rata hingga semua bahan tercampur secara merata.
  6. Ambil selembar daun pisang dan bersihkan dengan air. Panaskan daun pisang sebentar di atas api kompor agar lebih lentur dan mudah dibentuk.
  7. Ambil sejumput adonan beras ketan dan pisang, lalu letakkan di atas daun pisang yang telah dipanaskan. Bentuk adonan menjadi bulatan atau lonjong, dan bungkus dengan rapat menggunakan daun pisang.
  8. Ulangi langkah tersebut hingga semua adonan habis.
  9. Kukus kue Benjak Enjak dalam kukusan yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 20-30 menit hingga matang.
  10. Setelah matang, angkat kue Benjak Enjak dari kukusan dan biarkan dingin sejenak sebelum disajikan.
  11. Kue Benjak Enjak siap disajikan. Nikmati kue ini saat masih hangat untuk mendapatkan sensasi lezatnya.
Baca Juga:  Pusat Oleh-Oleh Terbaik di Lampung untuk Wisatawan

Itulah cara membuat kue Benjak Enjak yang lezat dan menggugah selera.

Kue ini cocok disajikan sebagai camilan di sore hari atau sebagai hidangan penutup setelah makan malam. Selamat mencoba dan semoga berhasil!