Nikmati Keindahan Alam di 5 Tempat Wisata Krui Pesisir Barat
Nikmati Keindahan Alam di 5 Tempat Wisata Krui Pesisir Barat

Info Lampung – Di Krui, Pesisir Barat, terdapat berbagai tempat wisata yang menarik di pinggir pantai dan alam yang indah.

Berikut beberapaTempat Wisata Krui Pesisir Barat yang bisa menjadi pilihan tujuan perjalanan Anda:

1. Pantai Menawan Tanjung Setia: Surga Berselancar di Pesisir Barat Sumatera

Pantai Menawan Tanjung Setia: Surga Berselancar di Pesisir Barat Sumatera
Pantai Menawan Tanjung Setia: Surga Berselancar di Pesisir Barat Sumatera

Jika kalian pernah melintasi jalur Lintas Barat Sumatera dan melewati Pesisir Barat, pasti kalian takkan melewatkan Pantai Tanjung Setia.

Terletak di Desa Tanjung Setia, pantai ini memukau dengan panorama laut yang indah.

Bukan hanya para wisatawan lokal, bahkan banyak turis mancanegara yang mengunjungi pantai ini.

Lokasinya yang mudah dijangkau berkat keberadaannya di pinggir jalur Lintas Barat Sumatera menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Salah satu pesona utama Pantai Tanjung Setia adalah gulungan ombaknya yang mencapai ketinggian 6-7 meter dengan panjang sekitar 200 meter.

Tak heran banyak peselancar datang ke pantai ini untuk menikmati gelombangnya.

Meskipun pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan, kalian tak perlu khawatir karena fasilitas yang disediakan sudah cukup memadai.

Tersedia penginapan bagi kalian yang datang dari luar daerah.

2. Pulau Pisang

Pulau Pisang
Pulau Pisang

Pulau Pisang adalah serpihan surga di Lampung. Pulau seluas 2300 hektare ini terdiri dari 6 desa dan dapat dicapai dengan menyeberang dari Krui selama 1 jam dengan perahu. Pulau ini memiliki pesona yang menakjubkan.

Ketika berada di Pulau Pisang, Anda dapat menyaksikan atraksi lumba-lumba seperti di Teluk Kiluan antara jam 6-8 pagi.

Setelah tiba di pulau, Anda akan disambut dengan pantai berpasir putih yang luas dan air laut yang jernih.

Penduduk setempat seringkali memancing di pulau ini, mengasah hobi mereka. Keindahan Pulau Pisang juga dapat dinikmati dari pantai di wilayah Tembakak.

3. Gua Matu: Keajaiban Alam di Pesisir Barat

Gua Matu Keajaiban Alam di Pesisir Barat
Gua Matu Keajaiban Alam di Pesisir Barat

Gua Matu, yang terletak di Desa Way Sindi, Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat, menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan memberikan kesan damai. Gua ini hanya berjarak 15 km dari pusat kota Krui.

Untuk mencapai Gua Matu, pengunjung harus berjalan selama 20 menit melalui bukit dan melintasi jalan yang telah dibuka oleh masyarakat dengan swadaya, dengan bantuan dari Kementerian PDT.

Gua Matu memiliki kisah mistis yang menjadi daya tarik tersendiri. Konon, gua ini dianggap sebagai kerajaan makhluk halus terbesar di Pesisir Barat.

Bagi pengunjung yang datang ke Gua Matu, mereka dijamin akan mendapatkan pengalaman berharga dari tempat ini.

4. Penangkaran Penyu Muara Tembulih

Penangkaran Penyu Muara Tembulih
Penangkaran Penyu Muara Tembulih

Penangkaran Penyu di Desa Muara Tembulih, Pesisir Barat, Menawarkan Pengalaman Wisata yang Menarik

Penangkaran penyu yang terletak di Desa Muara Tembulih, Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesisir Barat, berjarak 59 km dari Kota Krui, merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Desa Muara Tembulih memiliki pantai berpasir putih yang indah dengan panjang sekitar 3,5 km, dan pantai ini menjadi tempat pendaratan bagi empat jenis penyu yang dilindungi, yaitu penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang, dan penyu belimbing.

Setiap tahun, terdapat dua musim pendaratan penyu, yaitu pada bulan Februari hingga April, dan Mei hingga Juli.

Kawasan konservasi penyu ini menyediakan fasilitas bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan proses penyu bertelur, melepas tukik (anak penyu), menikmati keindahan sunset di pantai, serta mengeksplorasi ekologi pantai dan berfoto.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan ruangan khusus bagi pengunjung yang ingin memperoleh informasi lebih lanjut mengenai spesies penyu, termasuk habitat, kebiasaan hidup, dan proses reproduksi mereka.

Dengan mengunjungi penangkaran penyu di Desa Muara Tembulih, wisatawan dapat mengalami keindahan alam sambil mempelajari dan mendukung upaya pelestarian penyu yang dilindungi.

Ini adalah destinasi wisata yang menarik bagi mereka yang peduli terhadap konservasi alam dan ingin memiliki pengalaman yang berkesan.

5. Air Terjun Keghamian

Air Terjun Keghamian
Air Terjun Keghamian

Bagi yang ingin berkunjung ke Air Terjun Keghamian, persiapkan diri untuk perjalanan yang melelahkan.

Air terjun ini terletak di Desa Malaya, Kecamatan Lemong, Kabupaten Pesisir Barat.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda harus berjalan kaki menuruni bukit yang curam dan melintasi sungai dengan bebatuan licin. Kendaraan dapat diparkir di Desa Malaya.

Namun, setibanya di Air Terjun Keghamian, keindahan air terjun ini akan memukau Anda dan menghilangkan kelelahan perjalanan.

Pemandangan air terjun yang indah dan suasana yang menenangkan akan membalas segala jerih payah yang Anda lakukan untuk mencapai tempat ini.

Di sini, latar belakang air terjun menjadi latar yang sempurna untuk berfoto dan mengabadikan momen liburan Anda.

Itulah beberapa destinasi wisata bahari dan alam yang dapat Anda temukan di Kabupaten Pesisir Barat.

Jika Anda adalah seorang pengembara yang belum pernah mengunjungi tempat-tempat ini, sebaiknya Anda datang ke sini dan menemukan keindahan tersembunyi di setiap sudut tempat ini.