5 Destinasi Wisata di Tanggamus, Wisata Imperdible dan Rekomendasi Terbaik
5 Destinasi Wisata di Tanggamus, Wisata Imperdible dan Rekomendasi Terbaik

Info Lampung – Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata di Tanggamus, Lampung.

Di sana, terdapat beragam objek wisata yang bisa menjadi pilihanmu untuk berlibur bersama keluarga atau pasangan.

Tanggamus memiliki luas wilayah yang luas dan terkenal karena memiliki destinasi wisata yang populer di tingkat nasional.

Kabupaten ini menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah daftar lokasi wisata yang sangat direkomendasikan:

1. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan
Teluk Kiluan

Berkunjung ke Tanggamus akan menjadi pengalaman yang kurang seru jika kamu tidak mengunjungi salah satu teluk yang menakjubkan di daerah tersebut.

Terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, teluk ini menawarkan keindahan wisata bahari yang berbeda dari tempat lain di Lampung.

Salah satu atraksi utama di Teluk Kiluan adalah penampilan lumba-lumba di laut lepas yang hanya bisa kamu temui di tempat ini di Lampung.

Melihat lumba-lumba bermain dan melompat di tengah laut adalah pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan.

Selain itu, teluk ini juga menawarkan kegiatan lain seperti bermain pasir, berenang di Laguna Gayo yang masih alami dan memiliki keindahan yang fotogenik.

Untuk mencapai Teluk Kiluan dari Bandar Lampung, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 80 km atau sekitar 3 hingga 4 jam dengan menggunakan motor atau mobil pribadi.

Perjalanan menuju teluk ini akan memberikan pemandangan yang menakjubkan sepanjang jalan dengan hamparan hijau perbukitan dan pemandangan laut yang memesona.

Agar bisa melihat lumba-lumba, kamu perlu menyewa perahu yang akan membawamu menuju tengah lautan.

Harga sewa perahu bervariasi, berkisar antara 300 ribu hingga 400 ribu rupiah per perahu.

Biaya ini termasuk pengelompokan lumba-lumba oleh nelayan setempat yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam menemukan lumba-lumba di perairan tersebut.

Jika kamu berasal dari luar kota atau luar daerah Lampung dan ingin menikmati lebih banyak waktu di Teluk Kiluan, terdapat penginapan yang bisa kamu sewa.

Berbagai pilihan akomodasi tersedia, mulai dari penginapan sederhana hingga resor mewah yang menawarkan fasilitas lengkap.

Setelah menikmati keindahan teluk ini dan semua kegiatan menarik yang ditawarkannya, kamu pasti tidak akan kecewa dengan kunjunganmu ke spot wisata bahari yang satu ini.

Teluk Kiluan merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai, menikmati keindahan alam, dan menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga dan teman-teman.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Teluk Kiluan saat berada di Tanggamus, Lampung.

2. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu
Pantai Gigi Hiu

Bergeser sedikit dari Teluk Kiluan, tersembunyi sebuah destinasi yang telah menjadi surganya para fotografer di Lampung.

Dikenal dengan sebutan Pantai Gigi Hiu, tempat ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan pemandangan yang tidak dapat dilupakan.

Pantai ini bahkan pernah menjadi lokasi syuting untuk film The Nekad Traveler yang dibintangi oleh Maudy Ayunda.

Pantai Gigi Hiu, juga dikenal sebagai Pantai Batu Layar atau Pantai Pegadungan, terletak di Desa Pegadungan, Kecamatan Kalumbayan, Kabupaten Tanggamus.

Dengan lokasinya yang tersembunyi, pantai ini menawarkan pesona alam yang masih alami dan jarang terjamah oleh wisatawan.

Salah satu daya tarik utama Pantai Gigi Hiu adalah keindahan batu-batu karang yang menjulang tinggi, mencapai ketinggian antara 1 meter hingga 10 meter.

Formasi batu karang yang unik dan dramatis menciptakan latar belakang yang sempurna bagi para fotografer.

Jika kamu menyukai selfie, berburu foto, atau bahkan melakukan sesi foto prewedding, pantai ini adalah tempat yang cocok untukmu.

Namun, perlu diingat bahwa Pantai Gigi Hiu lebih cocok sebagai spot foto daripada untuk kegiatan snorkeling atau menyelam.

Hal ini disebabkan oleh keberadaan batu-batu karang yang tajam di sekitar pantai.

Meskipun tidak menyediakan fasilitas snorkeling atau diving, kamu masih dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan yang ditawarkan oleh pantai ini.

Ketika mengunjungi Pantai Gigi Hiu, pastikan untuk membawa kamera atau ponsel pintarmu agar dapat mengabadikan keindahan alam yang memukau ini.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan pantai dengan tidak meninggalkan sampah di sekitar area ini.

Bagi para pecinta fotografi dan mereka yang mencari tempat yang eksotis untuk menghabiskan waktu di Lampung, Pantai Gigi Hiu adalah destinasi yang wajib dikunjungi.

Dengan latar belakang batu karang yang spektakuler dan pemandangan alam yang memukau, pantai ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.

3. Air Terjun Way Lalaan

Air Terjun Way Lalaan
Air Terjun Way Lalaan

Lampung, salah satu provinsi di Indonesia, terkenal dengan keindahan alamnya yang memikat hati.

Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan di daerah Tanggamus, Lampung adalah Air Terjun Way Lalaan.

Air terjun ini memiliki daya tarik yang tak terbantahkan dengan ketinggian sekitar 11 meter, aliran air yang deras, dan hutan yang hijau di sekelilingnya, menciptakan suasana yang menyejukkan.

Tidak heran jika air terjun ini menjadi tempat favorit bagi pengunjung saat liburan atau akhir pekan.

Air Terjun Way Lalaan telah menjadi bagian dari sejarah sejak zaman kolonial Belanda.

Terletak di Pekon Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung, air terjun ini tersembunyi di bawah Gunung Tanggamus.

Perjalanan menuju air terjun ini akan memberikan pengalaman yang menarik, dengan pemandangan alam yang indah di sepanjang jalan.

Air Terjun Way Lalaan menawarkan pemandangan alami yang memesona, dengan air terjun yang dapat digunakan untuk berenang.

Namun, pengunjung harus tetap waspada dan tidak melewati tali pembatas yang telah ditentukan demi keamanan mereka sendiri.

Selain itu, di sekitar air terjun, terdapat pondokan yang telah dibangun untuk para pengunjung yang ingin duduk-duduk bersantai.

Di sinilah mereka dapat menikmati ketenangan alam sambil melepas lelah setelah bekerja.

Keasrian alam di sekitar Air Terjun Way Lalaan akan memukau pengunjung dengan keindahan panorama alamnya.

Suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian, kombinasi hijau pepohonan yang rindang, dan suhu udara yang sejuk akan menciptakan suasana yang menenangkan jiwa.

Pengunjung juga dapat menjelajahi sekitar area air terjun untuk menemukan flora dan fauna yang khas, seperti burung-burung yang berkicau di ranting pohon dan bunga-bunga yang mekar di tepi sungai.

Bagi para pecinta fotografi, Air Terjun Way Lalaan juga merupakan surga yang menawarkan berbagai sudut pandang yang menarik.

Keindahan alami air terjun ini bisa diabadikan dalam sebuah foto yang akan menjadi kenang-kenangan tak terlupakan.

Sebagai destinasi wisata yang terkenal, Air Terjun Way Lalaan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung.

Terdapat tempat parkir yang luas, area piknik, dan kios-kios yang menjual makanan dan minuman ringan.

Namun, perlu diingat bahwa menjaga kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama.

Pengunjung diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kelestarian alam di sekitar air terjun ini.

4. Bendungan Batu Tegi

Bendungan Batu Tegi
Bendungan Batu Tegi

Bendungan Batu Tegi dikecapi sebagai salah satu keajaiban teknik sipil yang luar biasa di Asia Tenggara.

Terletak dengan megah di kecamatan Air Nangingan, bendungan ini menjadi perwujudan keterampilan dan ketekunan manusia dalam mengendalikan alam demi kesejahteraan masyarakat.

Dibangun pada tahun 1995, Bendungan Batu Tegi akhirnya diresmikan pada tahun 2004 oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ibu Megawati Soekarno Putri.

Keunikan bendungan ini terletak pada posisinya yang diapit oleh dua bukit besar yang menjulang tinggi, menciptakan pemandangan yang memukau bagi pengunjung yang datang.

Selain itu, bendungan ini juga mengambil peran penting dalam membanjiri dan menenggelamkan sejumlah bukit-bukit kecil di sekitarnya, menciptakan danau buatan yang menawan.

Kombinasi antara keindahan alam dan arsitektur manusia yang megah menjadikan Bendungan Batu Tegi sebagai daya tarik wisata yang tak terlupakan.

Salah satu fungsi utama Bendungan Batu Tegi adalah sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Dengan memanfaatkan potensi aliran sungai yang kuat, bendungan ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan energi listrik yang cukup besar.

Listrik yang dihasilkan oleh Bendungan Batu Tegi menjadi sumber utama pasokan energi bagi Wilayah Lampung.

PLN, perusahaan listrik negara, menjalankan perannya dalam menyalurkan listrik yang dihasilkan oleh bendungan ini kepada masyarakat Lampung, menerangi rumah tangga, bisnis, dan industri.

Tak hanya memberikan manfaat ekonomi melalui pasokan energi listrik yang stabil, Bendungan Batu Tegi juga memiliki peran penting dalam pengendalian banjir.

Dengan kemampuan menyimpan air yang besar, bendungan ini mampu mengurangi risiko banjir yang dapat merusak lingkungan dan pemukiman penduduk di sekitarnya.

Hal ini membuktikan bahwa manusia dapat bekerja sama dengan alam untuk melindungi dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

Bendungan Batu Tegi telah menjadi simbol kemegahan dan ketenangan bagi masyarakat Indonesia.

Keberadaannya yang megah dan fungsinya yang vital dalam memenuhi kebutuhan listrik dan pengendalian banjir, menjadikannya sebagai prestasi luar biasa dalam pengembangan infrastruktur.

Selain itu, kehadiran bendungan ini juga menjadi bukti bahwa Indonesia mampu bersaing dalam bidang teknik sipil dengan negara-negara maju di dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Bendungan Batu Tegi juga semakin mendapatkan perhatian sebagai objek wisata yang menarik.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari atas bendungan, menjelajahi danau buatan yang luas, atau bahkan melakukan aktivitas perahu dayung di permukaan air yang tenang.

5. Gunung Tanggamus

Gunung Tanggamus
Gunung Tanggamus

Berwisata di Tanggamus Lampung tidak perlu khawatir kekurangan tempat wisata, pasalnya daerah ini memiliki bentang alam yang luas, ada pantai, dataran rendah hingga pegunungan.

Di Tanggamus sudah tidak asing lagi ada Gunung Tanggamus yang menjulang tinggi.

Gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 2.102 meter di atas permukaan air laut menjadikannya sebagai salah satu gunung tertinggi kedua di Lampung karena yang pertama adalah Gunung Pesagi di Lampung Barat.

Gunung Tanggamus menawarkan pengalaman mendaki yang menarik dan pemandangan yang spektakuler dari puncaknya.

Untuk mendakinya, kamu akan melewati banyak perkebunan kopi dan sayuran, sehingga akan menambah keindahan pemandangan di sekitar pegunungan.

Selain itu, terdapat juga air terjun yang indah dan alam yang masih asri di sekitar Gunung Tanggamus.

Keberadaan flora dan fauna yang kaya membuat wisata alam di sini semakin menarik.

Tidak hanya Gunung Tanggamus, terdapat juga destinasi wisata lainnya di Tanggamus yang patut dikunjungi.

Salah satunya adalah Pantai Panjang, pantai yang terkenal dengan garis pantainya yang panjang dan pasir putihnya yang indah.

Pantai ini menjadi tempat yang tepat untuk bersantai sambil menikmati keindahan laut dan angin sepoi-sepoi.

Selain Pantai Panjang, ada juga Pantai Pasir Putih yang tidak kalah menarik. Pantai ini memiliki panorama alam yang memesona dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih.

Kamu dapat berenang, berjemur di pantai, atau bahkan melakukan aktivitas snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Bagi pecinta sejarah, terdapat juga Candi Agung Gajah yang menjadi warisan budaya bersejarah di Tanggamus.

Candi ini memiliki arsitektur yang megah dan menarik untuk dijelajahi.

Mengunjungi Candi Agung Gajah akan membawa kamu pada petualangan sejarah yang menarik.

Itulah beberapa tempat wisata di Tanggamus yang paling direkomendasikan ketika mengunjungi Kabupaten ini.

Semoga dapat menjadi referensi tujuan wisata untuk kamu. Selamat berlibur!